AL-HAJURI TIDAK MENGGUBRIS NASEHAT MASYAIKH

Oleh / Saf 17 1430 / Nasehat

Telah kita jelaskan sebelumnya, bahwa para masyaikh, baik di Yaman maupun di luar Yaman, telah sepakat bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahman bukan hizbi. Namun itu semua tidak digubris oleh Al-Hajuri. Pada 10 Jumâdal Ulâ 1429 H mengeluarkan kaset berjudul :

التأكيد لحزبية عبد الرحمن وشلته أصحاب التظيم الجديد

Sesuai judulnya, Al-Hajûri menegaskan vonisnya bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahman adalah hizbi.

Dalam kaset tersebut Al-Hajûri mengatakan :

فليستح على نفسه من يقول : عبد الرحمن ما هو حزبي

“Orang-orang yang mengatakan bahwa ‘Abdurrahmân bukan hizbi hendaknya dia malu pada dirinya sendiri.

[ dinukil dari kasetnya yang berjudul At-Ta’kîd li Hizbiyyati ‘Abdirrahmân ]

Padahal sudah maklum bahwa para masyâikh kibâr di Yaman maupun di luar Yaman mengatakan bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahmân bukan hizbi.

Al-Hajûri juga mengatakan :

الذي يدافع عنهم – أي الشيخ عبد الرحمن ومن معه – يدافع عن الحزبيين لا يدافع عن السلفيين المؤدبين، يدافع عن حزبي، يدافع عن الذين يختانون أنفسهم …

“Yang membela mereka (yakni Asy-Syaikh ‘Abdurrahmân dan yang bersama beliau) berarti telah membela para hizbiyyûn, bukan membela salafiyyîn yang beradab, dia telah membela seorang hizbi dan membela orang-orang yang mengkhianati dirinya sendiri … .”

[ dinukil dari kasetnya yang berjudul At-Ta’kîd li Hizbiyyati ‘Abdirrahmân ]

Bahkan tak ketinggalan pula, nasehat Imamul Jarhi wat Ta’dil dibantah oleh Al-Hajuri. Al-Hajûri membantah pujian Asy-Syaikh Rabî hafizhahullâh terhadap Asy-Syaikh ‘Abdurrahmân hafizhahullâh, bahwa beliau beliau berada di atas front (da’wah) yang agung dan beliau sebagai mujahid.

Maka Al-Hajûri tidak terima dengan pujian tersebut dan membantahnya dengan mengatakan bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahmân membuka front dan sebagai mujahid dalam fitnah.

Demikian juga, Al-Hajûri membantah pernyataan Asy-Syaikh Rabî’ bahwa perselisihan yang terjadi di atas kepentingan pribadi alias bukan perselisihan yang ditegakkan di atas manhaj. Al-Hajûri membantahnya dengan mengatakan bahwa perselisihan yang terjadi adalah hizbiyyah yang sangat jelas.

wmp-icon bantahan Hajuri thd Nasht Sy. Rabi’

Dengan berbagai ucapan tidak senonoh dan lancang yang dilontarkan oleh Al-Hajûri di atas, berarti secara tidak langsung Al-Hajûri:

  • Telah mengatakan kepada Asy-Syaikh Rabi’ hendaknya malu kepada dirinya sendiri, kepada Asy-Syaikh ‘Ubaid Al-Jâbiri hendaknya malu kepada dirinya sendiri, kepada Asy-Syaikh Al-Wushâbi, Asy-Syaikh Muhammad Al-Imâm hendaknya mereka semua malu pada dirinya sendiri, karena mereka telah membela Asy-Syaikh ‘Abdurrahmân dan tidak mau mengatakannya sebagai hizbi.

dan berarti para masyâikh tersebut :

  • Sebagai pembela para hizbiyyûn dan orang-orang yang mengkhianati dirinya sendiri
  • serta bukan pembela salafiyyîn

Astaghfirullâhal ‘Azhîm ….