Dari Amirul Mukminin kepada Muslimin di Syam

Oleh / Shw 18 1434 / Nasehat, Nawazil

amirulmukminin

Surat Amirul Mukminin Khalifah ke-3 ‘Umar bin al-Khaththab

kepada kaum muslimin di Syam

[pelajaran berharga terhadap kaum muslimin yang tertindas di Suriah]

Ibnu ‘Asakir dalam kitab Tarikh-nya (XXV/477) meriwayatkan dengan sanadnya, bahwa sampai berita kepada Amirul Mukminin ‘Umar bin al-Khaththab, bahwa Abu ‘Ubaidah dikepung di negeri Syam oleh kekuatan gabungan musuh. Maka Amirul Mukminin ‘Umar bin al-Khaththab menulis surat memberikan semangat kepada beliau:

Salam… amma ba’d

Bahwa tidaklah seorang hamba mukmin tertimpa musibah yang sangat berat, kecuali pasti Allah Tabaraka wa Ta’ala menjadikan setelah itu ada kelapangan. Dan sungguh satu kesulitan tidak akan bisa mengalahkan dua kemudahan (yang Allah sediakan).

( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ )

Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian, dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu), dan bertakwalah kepada Allah, supaya kalian beruntung.

— sekian surat Amirul Mukminin –

Abu Bakr Ibnul ‘Arabi menjelaskan, adapun surat ‘Umar bin al-Khaththab (Bahwa tidaklah seorang hamba mukmin tertimpa musibah yang sangat berat … dst), adalah ucapan yang benar dan jelas.  Tidak datang kesulitan/musibah, kecuali pasti Allah berikan kelapangan setelah itu. Bisa jadi dengan hilang/berakhirnya musibah tersebut, atau Allah gantikan dengan suatu yang lebih baik dari itu yaitu berjumpa Allah Ta’ala setelah kematian.

Adapun ucapan ‘Umar, (sungguh satu kesulitan tidak akan bisa mengalahkan dua kemudahan) ini merupakan ungkapan bahasa arab yang sangat jelas. Karena Allah menyebutkan (dalam surat asy-Syarh) kata al-‘Usr (kesulitan) dengan bentuk kata ma’rifah, sehingga kata pertama  dan kedua itu sama (jadi hanya ada satu kesulitan di sini). Adapun kata al-Yusr (kemudahan) disebutkan dua kali dalam bentuk kata nakirah, sehingga kemudahan pertama bukan kemudahan yang kedua (jadi ada dua kemudahan di sini).