HASANAH DI DUNIA DAN HASANAH DI AKHIRAT

Oleh / Shw 10 1438 / Fawaid

HASANAH DI DUNIA DAN HASANAH DI AKHIRAT

Makna Do’a :

(رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ)

“Wahai Rabb kami berikanlah kepada kami di dunia ini hasanah (kebaikan) dan di akhirat hasanah (kebaikan). Lindungilah kami dari adzab api neraka.”

al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan,

« Hasanah di dunia » : meliputi semua permintaan duniawi, berupa penjagaan, rumah tinggal yang lapang, isteri yang baik, anak yang berbakti, rizki yang luas, ilmu bermanfaat, dan amal shalih.
« Hasanah di akhirat » : yang tertinggi adalah masuk al-Jannah (surga) dan semua hal yang berkaitan dengannya berupa keamanan pada hari ketakutan terbesar, kemudahan dalam hisab, dan lainnya dari berbagai urusan akhirat, serta penjagaan dari api neraka.

al-‘Allamah as-Sa’di rahimahullah berkata,

“Do’a ini merupakan do’a paling lengkap dan paling sempurna. Oleh karena itu doa ini merupakan doa Nabi –shallallahu alaihi wa sallam– yang terbanyak.”

asy-Syaikh al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

“Sesungguhnya doa ini adalah doa yang paling lengkap.
« Wahai Rabb kami berikanlah kepada kami di dunia ini kebaikan » : meliputi semua kebaikan dunia, berupa isteri yang shalihah, kendaraan yang nyaman, tempat tinggal yang tenang, dan lain-lain.
« dan di akhirat kebaikan », juga meliputi semua kebaikan di akhirat, berupa hisab yang mudah, pemberian kitab catatan amal dari arah kanan, melewati ash-Shirat dengan mudah, minum dari telaga Rasulullah –shallallahu alaihi wa sallam–, dan masuk surga, serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.
Jadi doa ini di antara doa terlengkap, bahkan yang paling lengkap karena doa ini mencakup semua hal.”
Syarh Riyadh ash-Shalihin, 6/16

#hasanah #akhirat #jannah
#alutsaimin #assadi #ibnukatsir