Penegasan Asy-Syaikh Al-Wushabi : bahwa para masyaikh sepakat menyatakan Al-Hajuri telah salah

Oleh / Rb2 12 1430 / Fawaid

Belum hilang dari ingatan kita, bagaimana sikap para ‘ulama kibar dalam fitnah yang terjadi di Yaman. Bahwa sikap mereka adalah satu, yaitu tetap menegaskan bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahman sebagai ‘ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Dan vonis Al-Hajuri terhadap beliau sama sekali tidak diterima oleh para ‘ulama kibar tersebut.

Pada tanggal 7 Rabi’ul Akhir 1430 H kemarin Al-‘Allamah Al-Walid Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab Al-Wushabi hafizhahullah kembali menegaskan :

فالعلماء جزاهم الله خيراً الذين وقَّعوا على بيان معبر ثمَّ على بيان الحديدة الصواب معهم وقد وفقهم الله وجمع كلمتهم وسدد رأيهم وكما تعلمون أيضاً من نصيحة الشيخ ربيع وفقه الله ، هذه النصيحة الذهبية تُضم إلى البيانين ، يعني معناه أن الشيخ ربيعاً أيضاً معهم والشيخ عبيد الجابري أيضاً معهم فاجتمعت كلمة المشايخ في هذه الفتنة من فضل الله عزَّوجلَّ أنَّ عبد الرحمن العدني وفقه الله من أهل السنة والجماعة وأن الحجوري أخطأ في تحزيبهِ للشيخ عبد الرحمن العدني هذا هو الحق وهذا هو الصواب . …

كلمة العلماء في الحاضر كما اجتمعت في الماضي في تخطئة الحجوري وفي أن العدني من أهل السنة والجماعة وما أدعاه الحجوري في عبد الرحمن العدني بأنه حزبي غير صحيح لكونه لم يقم على ذلك حجة.

Para ‘ulama jazahumullah khairan yang telah menandatangani bayan Ma’bar, kemudian menandatangani bayan Al-Hudaidah, kebenaran ada bersama mereka. Sungguh Allah telah memberikan taufiq kepada mereka dan menyatukan kalimat mereka serta menepatkan pendapat mereka, dan sebagaimana kalian tahu juga dari nasehat Asy-Syaikh Rabi’ waffaqahullah. Nasehat dzahabiyyah tersebut digabungkan pula dalam bayan-bayan (para ‘ulama) di atas. Yakni maknanya bahwa Asy-Syaikh Rabi’ juga berpihak bersama mereka (para ‘ulama tersebut). Juga Asy-Syaikh ‘Ubaid juga berpihak bersama mereka.

Maka para masyaikh -dengan karuni Allah ‘Azza wa Jalla –  bersepakat bahwa dalam fitnah ini  ‘Abdurrahman Al-‘Adani waffaqahullah tetap sebagai Ahlus Sunnah wal Jama’ah, dan bahwa Al-Hajuri TELAH SALAH dalam vonis hizbinya terhadap Asy-Syaikh ‘Abdurrahman Al-‘Adani.

Inilah al-haq dan inilah yang benar. . . .

Sikap para ‘ulama sekarang, sebagaimana sikap mereka telah sepakat sebelumnya yaitu :

menyalahkan Al-Hajuri

sekaligus menyatakan Al-‘Adani tetap sebagai Ahlus Sunnah wal Jama’ah,

dan (menyatakan bahwa) vonis yang diklaim oleh Al-Hajuri terhadap ‘Abdurrahman Al-‘Adani bahwa dia sebagai hizbi merupakan vonis yang salah, karena vonis tersebut tidak tegak di atas hujjah. . . .”

Penegasan ini beliau sampaikan dalam nasehat beliau terhadap ikhwah salafiyyin yang berkunjung kepada beliau. Al-‘Allamah Al-Walid Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab Al-Wushabi menyampaikan nasehat ini di masjid As-Sunnah ba’da shalat Jum’at 7 Rabi’ul Akhir 1430 H.

Nasehat beliau tersebut selengkapnya bisa di dengar di sini

(tepatnya pada menit 06:34 dan menit 21:58)

Dapatkan juga transkrip selengkapnya di sini

Insya Allah terjemah selengkapnya menyusul

Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang yang bisa mengambil pelajaran dan mau menerima nasehat serta mengikuti bimbingan para ‘ulama. Amin Ya Rabbal ‘Alamin

Baca juga artikel terkait :

Kesepakatan Para ‘Ulama Kibar bahwa Asy-Syaikh ‘Abdurrahman tetap sebagai ‘ulama Ahlus Sunnah

Para ‘Ulama Kibar Membersihkan Asy-Syaikh ‘Abdurrahman dari tuduhan hizbi

Asy-Syaikh ‘Abdul Mushawwir : Kesepakatan Para ‘Ulama

Asy-Syaikh Al-Bura’i : Sikap Para masyaikh

Nasehat Asy-Syaikh Ash-Shaumali terhadap pihak-pihak yang ta’ashhub terhadap Al-Hajuri