Aqidah

Sudah Benarkah Keimanan Kita Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala (1)

( bagian kesatu)

? Iman kepada Allah Subhanu Wa Ta’ala merupakan rukun Iman yang paling pertama dari enam rukun Iman. Seorang yang tidak beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala maka dia bukan seorang muslim walaupun banyak melakukan amalan kebaikan seperti menolong orang lain, menyantuni orang miskin dan sebagainya.

? Karena seorang muslim wajib untuk beriman kepada seluruh rukun Iman yang enam. Sebagaimana jawaban Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam ketika ditanya tentang Iman oleh Malaikat Jibril ‘alaihis salam, maka beliau menjawab :

أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره و شره

“Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, dan engkau beriman kepada Taqdir yang baiknya dan yang buruknya”.
(Hadits riwayat Muslim dari ‘Umar bin Khathab radliyallahu ‘anhu).

? Para Ulama menjelaskan bahwa iman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak cukup dengan meyakini bahwa Allah itu ada, akan tetapi iman kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala meliputi empat perkara yaitu :
1. Beriman bahwa Allah ada
2. Beriman kepada Rububiyah-Nya
3. Beriman kepada Uluhiyah-Nya
4. Beriman kepada Nama-Nama-Nya dan Sifat-Sifat-Nya.

? (Sumber rujukan : Kitab Syarh Tsalatsatil Ushul, asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah, cet. Daarul Adhwau Sunnah, hal 59)

Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca juga
Close
Back to top button